BMQLaporan & Liputan

Laporan Pertanggungjawaban BMQ 2013

Assalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarrakatuh,

Segala puji dan syukur kepada Allah SWT yang Maha Sempurna karena atas Rahmat-Nya, hewan kurban yang dititipkan para pekurban melampaui target  kebutuhan di Dusun Krajan Desa Puloklapa – Karawang

Alhamdulillah, kami menerima amanah hewan kurban sebanyak 4 ekor sapi dan 79 ekor kambing. Rencana awal kami adalah akan membagikan kepada 620 warga yang  telah menerima kupon yang telah kami serahkan pada saat survey kedua. Dengan jumlah hewan kurban tersebut, maka telah melebihi target pembagian kepada penerima daging kurban di dusun Krajan.  Oleh karena itu, kami memperluas target pembagian daging kurban menjadi 2 lokasi, yaitu Dusun Krajan di Desa Puloklapa dari 620 warga menjadi 756 warga  dan  Dusun Cibereum di Desa Pulomulya sebanyak 364 warga, sehingga total penerima daging kurban menjadi sebanyak 1.120 warga.

Dikarenakan ada tambahan jumlah penerima daging kurban, maka untuk memperlancar pembagian kupon tambahan, pada hari Senin tanggal 14 Oktober 2013, kami memberangkatkan tim kecil yang terdiri atas 5 orang untuk koordinasi penerima kupon tambahan dan juga untuk memastikan kesiapan relawan lokal pada acara pemotongan hewan kurban. Tim berangkat dari Jakarta pukul 15.00 WIB dan tiba di Dusun Krajan sekitar pukul 18.00 WIB. Kami langsung berkoordinasi dan bertemu langsung  dengan ketua pelaksana lokal, Ustadz Ahmad Qusaeri  yang sedang mendata penerima daging kurban yang baru untuk Dusun Cibereum. Setelah kami selesai berkoordinasi dan mendata penerima daging kurban yang baru, kami kembali ke Dusun Krajan untuk berkoordinasi  dan berdiskusi dengan panitia lokal dan aparat Desa Puloklapa agar acara pemotongan hewan kurban pada tanggal 15 Oktober berjalan lancar.

Tanggal 15 Oktober 2013 pukul 05.00 WIB, tim utama Komunitas Lebah yang terdiri dari 26 relawan berangkat dari Jakarta. Pada pukul 06.00 WIB setelah keluar pintu tol Karawang Barat, tim berhenti di salah satu mesjid  untuk melakukan sholat Ied berjamaah. Tim ini tiba di Dusun Krajan, Desa Puloklapa pukul 08.30 WIB.

Sesuai jadwal, acara pemotongan hewan kurban dimulai pukul 08.30 yang diawali dengan sambutan dari Ibu Lurah Desa Puloklapa dan sambutan dari ketua Komunitas Lebah, teh Fifi Moestarika. Pukul 08.45,  kegiatan BMQ dimulai dan kami langsung membentuk 2 kelompok kegiatan, yaitu pemotongan hewan kurban dan Sudut Bocah. Sudut Bocah sendiri merupakan ajang gali kreativitas anak usia SD kelas 2-6. Kegiatan  diawali dengan doa dari Ustadz Ahmad Qusaeri. Syukur Alhamdulillah, kemudahan diberikan oleh Allah kepada kami dan pada pukul 15.00 WIB, proses penyembelihan, pengulitan, pemotongan, penimbangan dan pembungkusan dapat selesai. Untuk pembagian daging kurban Dusun Cibereum, kami menyerahkan 33 ekor kambing yang sudah  disembelih dan dikuliti di Dusun Krajan untuk kemudian relawan lokal dari Dusun Cibereum beserta tim kecil Komunitas Lebah membawa daging kurban tersebut untuk dipotong, ditimbang, dan dibagikan di Dusun Cibereum. Lokasi Dusun Cibereum tidak terlalu jauh dari Dusun Krajan yang hanya memakan waktu 10 menit dengan menggunakan kendaraan bermotor. Kondisi perekenomian Dusun Cibereum  hampir sama dengan Dusun Krajan yaitu sebagian warganya berprofesi sebagai buruh tani yang pendapatannya kurang mencukupi untuk kebutuhan sehari-hari.

Pembagian daging kurban dimulai pukul 15.00 WIB. Proses pembagian daging untuk Dusun Krajan 1 sampai dengan 5  dilakukan di Dusun Krajan 3 dengan menukar kupon yang telah kami berikan saat survei kedua dan tanggal 14 Oktober 2013. Berkat koordinasi dan kerjasama yang baik dengan relawan lokal serta warga penerima daging kurban, proses pembagian daging kurban berjalan dengan lancar. Untuk penerima yang sudah jompo, kami dibantu oleh relawan lokal yang mengantar daging kurban tersebut kepada penerima.  Sekitar pukul 17.00 WIB, tim utama meninggalkan Dusun Krajan 3 menuju Jakarta.

Pada saat pembagian hewan kurban hampir selesai, kami juga menyerahkan amanah relawan berupa sumbangan untuk anak yatim sebanyak 50 orang untuk Dusun Krajan dan sekitarnya.

Tak henti rasa syukur kami panjatkan ke hadirat Allah SWA atas kemudahan yang diberikan dan atas kelancaran acara pembagian hewan kurban serta jumlah hewan yang telah kami terima dari para pekurban. Alhamdulillah, kami bisa mendistribusikannya ke 1.091 Warga di kedua desa tersebut.

Untuk melihat foto-foto kurban, bisa diklik ke:

Foto-foto kurban
Kegiatan BMQ
Sudut Bocah

Untuk melihat laporan keuangan, bisa diklik di sini.

Semoga niat kami dan para pekurban untuk membahagiakan para penerima daging qurban di daerah pelosok dapat terwujud dan apa yang kita lakukan ini mendapat ridho Allah SWT.

Sekali lagi kami mengucapkan terima kasih atas semua kepercayaan yang diberikan para pekurban kepada Komunitas Lebah untuk menyalurkan hewan kurbannya. Semoga kepercayaan dan amanah yang diberikan ini bisa terus kami laksanakan, bukan hanya pada tahun ini dan kegiatan BMQ, tapi tahun-tahun selanjutnya dan pada kegiatan Komunitas Lebah lainnya.

Akhirul kata, jazakumullah khairan katsiran.

Wassalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarrakatuh.

Edy Kurniawan
Ketua Pelaksana