BeezersEdufastingLaporan & LiputanLPJ

Laporan Pertanggungjawaban Edufasting ke-7 tahun 2016

Assalamualaikum Warrahmatullahi Wabarrakatuh
Halo, Sahabat Lebah.

Dengan mengucap syukur Alhamdulillah ke hadirat Tuhan yang Maha Kuasa, kegiatan Edufasting (Pesantren Kilat Kreatif) untuk anak yatim dan dhuafa yang ke-7 tahun 2016 dengan tema “Raih Mimpi dengan Ilmu dan Kepercayaan Diri yang Kuat” telah selesai dilaksanakan dengan lancar. Kegiatan ini dilaksanakan di Wisma Tani Jl. Manggasari No.3 Pasar Minggu, Jakarta Selatan  selama 2 hari pada tanggal 25 – 26 Juni 2016.

Komunitas Lebah merencanakan akan mengundang 56 orang peserta. Namun, karena satu dan lain hal, maka peserta yang hadir adalah 55 orang peserta. Mereka terdiri dari 27 peserta putra dan 28 peserta putri. Adik-adik ini berasal dari 3 panti asuhan anak dan 4 yayasan/rumah singgah untuk anak jalanan yang berlokasi di wilayah Jabodetabek.

Edufasting tahun ini dibuka dengan kegiatan diskusi membaca tentang profil tokoh sukses, baik nasional maupun internasional. Diskusi membaca ini dimaksudkan untuk mencairkan suasana di antara para peserta. Selain itu, juga ditujukan untuk menginspirasi para peserta dalam mengisi form mimpi.

Lalu apakah sebenarnya form mimpi ini? Form mimpi merupakan lembar isian yang menjabarkan impian mereka, proses dan tantangan untuk meraih mimpi tersebut. Lembar tersebut diisi sepanjang kegiatan Edufasting, seiringan dengan informasi yang adik-adik ini serap selama sesi.

Setelah diskusi, para peserta mendapatkan materi tentang pengembangan kepercayaan diri dari Kak Untung Dharmawan. Kak Untung mengajak adik-adik peserta untuk mendobrak imej diri guna meningkatkan rasa percaya diri mereka. Kemudian disambung dengan materi tentang mendongeng dari Kak Sri Mulyani. Materi mendongeng ini akan berguna pada saat penampilan masing-masing kelompok di hari kedua.
Hari pertama ditutup dengan serangkaian kegiatan yang bersifat islami, namun tetap santai. Dimulai dari berbuka bersama, shalat Maghrib berjamaah, dan makan malam. Dilanjutkan dengan shalat Isya dan Tarawih berjamaah, serta ditutup dengan saritilawah Al- Qur’an dan muhasabah tentang pentingnya membaca dan mencari ilmu. Kesemuanya dipimpin oleh Ustadz Hammim Enha Gippo.

Kak Sausan Sofyan membuka hari kedua Edufasting dengan materi tentang langkah-langkah meraih mimpi. Sesi ini dikaitkan dengan ilmu tentang kepercayaan diri yang didapatkan di hari sebelumnya. Di sini, peserta juga diajak membahas lebih jauh tentang form mimpi yang telah mereka isi.

Paska shalat Dzuhur berjamaah, Kak Herdy Leonardi memberikan materi terakhir tentang motivasi meraih mimpi Terakhir, penampilan kelompok menjadi puncak acara Edufasting. Para peserta dan panitia sangat terhibur dengan pertunjukan yang disuguhkan setiap kelompok. Dua kelompok terpilih sebagai kelompok dengan penampilan terbaik. Panitia juga memilih 8 peserta sebagai peserta terbaik. Wajah bahagia para pemenang terpancar jelas ketika menerima hadiah yang telah disiapkan.

Adik-adik peserta tentunya tidak pulang dengan tangan kosong. Sebelum kembali ke rumah dan yayasan masing-masing, mereka mendapatkan perlengkapan shalat, kaos kegiatan, tas dan perlengkapan sekolah, bingkisan makanan, uang saku serta penggantian transportasi dari rumah menuju Wisma Tani dan sebaliknya. Serta, tentunya ilmu bermanfaat dari para narasumber.

Beberapa hari kemudian paska kegiatan, kami mendapat kabar dari beberapa pengurus yayasan yang diundang. Mereka menyatakan rasa terima kasihnya karena anak-anak binaan mereka pulang dengan hati senang dan penuh keceriaan. Kabar tersebut sudah kami unggah di fanpage Komunitas Lebah. Klik di sini untuk membaca lebih lanjut.

Untuk kesuksesan kegiatan ini, tak lupa kami haturkan syukur Alhamdulillah ke hadirat Tuhan yang Maha Kuasa. Terima kasih juga kami ucapkan, Jazzakumullah Khairan Katsiran kepada Sahabat Lebah atas donasi, dukungan dan doanya, sehingga acara ini dapat terlaksana dengan lancar. Semoga amal ibadah kita semua diterima oleh-Nya dan semoga apa yang kita berikan dapat berguna dan bermanfaat bagi adik-adik peserta, bagi kita semua dan juga bagi lingkungan. Aamiin.

Terima kasih juga disampaikan kepada Beezers Komunitas Lebah atas semangat, kerja sama  dan komitmennya mendukung kelancaran kegiatan ini. Semoga kita senantiasa istiqomah untuk menyengat manfaat dan bersama berbagi peduli ke seluruh negeri. Semakin dieratkan tali persaudaraan. Semoga Tuhan membalas semua kerja keras dan pengorbanan teman teman semua. Aamiin.

Demikian laporan ini dapat kami sampaikan. Akhir kata, kami mohon maaf sebesar-besarnya apabila terdapat kesalahan, baik yang disengaja ataupun tidak.

Sampai jumpa di kegiatan Komunitas Lebah selanjutnya. Wassalaamu’alaikum Wa Rahmatullaahi Wa Barakaatuh,

Salam Lebah, Bzzzzz…
Bersama Berbagi Peduli

Riska Hasan,
Ketua Pelaksana Edufasting ke-7 Tahun 2016

cat: Laporan keuangan dapat dilihat di sini. Sementara itu, daftar peserta Edufasting 2016 dapat dilihat di sini. Dokumentasi lengkap kegiatan ini bisa dilihat melalui album Edufasting 2016 di Facebook Fanpage Komunitas Lebah.