CTBLPJUncategorized

Laporan Pertanggungjawaban Cerdas Tanpa Batas (CTB) 2022

Assalammu’alaikum Wr. Wb.

Halo, Sahabat Lebah!

Puji syukur kami ucapkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa atas terlaksananya kegiatan Cerdas Tanpa Batas (CTB) 2022 di Dusun Banjarsari 1, Kampung Cibolang, Kec. Pangalengan, Kab. Bandung, Jawa Barat. Setelah vakum selama 2 tahun karena pandemic Covid-19, akhirnya Komunitas Lebah bisa melaksanakan CTB kesembilan pada hari Sabtu, 8 Januari 2022.

Kegiatan CTB dipusatkan di rumah baca Dusun Banjarsari 1, di Kampung Cibolang. Kegiatan dilaksanakan dalam satu hari di Pengalengan dengan beberapa aktivitas yaitu 1) Peresmian Rumah Ilmu Lebah (RIL), 2) Kegiatan untuk siswa SMP & SMA (workshop pengelolaan perpustakaan dan pembuatan konten video), dan 3) Kegiatan untuk siswa Pra sekolah dan TK (dongeng dan membuat origami). Semua kegiatan ini dilaksanakan di rumah baca dan tempat pertemuan warga yang berlokasi di seberang rumah baca.

Peresmian Rumah Ilmu Lebah dihadiri oleh Kepala Desa Cibolang, Ketua RW Dusun Banjarsari 1, Warga Dusun dan para relawan rumah baca. Relawan rumah baca terdiri dari warga dewasa dan remaja siswa SMP dan SMA yang tinggal di Dusun Banjarsari 1. Selanjutnya, kegiatan workshop pengelolaan perpustakaan dan kegiatan untuk siswa Pra sekolah dan TK dilakukan secara paralel hingga waktu makan siang. Setelah rehat makan siang, kegiatan pembuatan konten video menggunakan handphone diadakan untuk siswa SMP dan SMA yang menjadi relawan rumah baca. Selain itu, kami juga menyerahkan donasi buku dan barang di dua lokasi lain yang akan dijelaskan dalam laporan ini.

Kami bersyukur dalam situasi pandemi ini kami tetap mendapatkan dukungan berupa donasi buku dan dana dari Sahabat Lebah. Meskipun perolehan dana Rp 27.456.850 jauh dibawah target, namun kami berhasil melampaui target penyediaan buku. Kami menargetkan untuk menyediakan 500 buku dan merealisasikan 893 buku untuk rumah baca di Dusun Banjarsari 1 dan 3 titik lokasi lain. Pelaksanaan kegiatan CTB tahun ini memerlukan dana sebesar Rp 24.383.587 dan terdapat sisa dana yang akan digunakan sebagai saldo awal CTB 2023.

Menambahkan lokasi pembagian buku di Pangalengan, CTB kali ini memberikan pula sejumlah buku dan set permainan untuk anak di dua lokasi lainnya, yaitu di PAUD Nurul Huda (penyerahannya didokumentasikan seperti gambar di atas) dan Kelompok Bermain Thoriqul Jannah. Selain itu, kami juga mengirimkan sekitar 78 buku ke salah satu taman baca di Masohi, Kab. Maluku Tengah melalui salah satu relawan lokal yang telah beberapa kali bekerjasama sebelumnya dengan Komunitas Lebah.

Untuk membaca laporan ini selengkapnya, termasuk laporan keuangan dan laporan donasi barang, silahkan klik tautan ini: Laporan Pertanggungjawaban

Sedangkan untuk melihat dokumentasi kegiatan selengkapnya, termasuk dokumentasi penyerahan bantuan di PAUD Nurul Huda dan Kelompok Bermain Thoriqul Jannah , silahkan klik kedua tautan ini: CTB Pangalengan dan CTB Masohi

Seperti pada kegiatan Komunitas Lebah lainnya, laporan ini sedianya akan dipublikasikan 2 minggu setelah kegiatan selesai. Akan tetapi, dikarenakan adanya kendala di lokasi taman baca Masohi, sehingga laporan ini baru dapat dapat kami sampaikan. Oleh karena itu, kami ucapkan terima kasih atas pengertian, dukungan, kerjasama, kontribusi, dan doa dari berbagai pihak. Terima kasih atas kepercayaan dan dukungan Sahabat Lebah kepada kami; Pembina dan relawan rumah baca Dusun Banjarsari 1, pengasuh PAUD Nurul Huda dan Kelompok Bermain Thoriqul Jannah, dan Taman Baca di Masohi, Maluku Tengah, Pak Sutrisno dari Blue Bird, dan terutama teman-teman Beezers yang telah berkontribusi waktu, pikiran dan tenaga dalam kegiatan CTB 2022.

Terima kasih atas kepercayaan dan dukungan yang dikirimkan kepada Komunitas Lebah. Sampai jumpa di CTB tahun 2023. Aamiin!

Salam Lebah, Bzzzzz… #bersamaberbagipeduli

Dhiah Karsiwulan (Ketua Pelaksana)