Laporan Pertanggungjawaban

Laporan Pertanggungjawaban
Sehat Milik Semua (SMS) 2016
Kp. Cihanjuang, Desa Ridogalih, Kec. Cibarusah,
Kab. Bekasi – Jawa Barat

I. Pengantar
Program SMS (Sehat Milik Semua) adalah kegiatan tahunan Komunitas Lebah di bidang kesehatan berupa pemeriksaan kesehatan gratis yang diperuntukkan bagi warga kurang mampu/kaum marginal.

Diharapkan kegiatan ini dapat memberi kesempatan kepada masyarakat lapisan bawah untuk mendapatkan pemeriksaan kesehatan secara gratis, karena kami percaya bahwa sehat milik semua orang tanpa mengenal gender, ras, suku dan agama.

II. Isi Laporan

Pemeriksaaan Kesehatan
Dengan mengucap Alhamdulilah puji syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, pada hari Sabtu tanggal 19 Maret 2016, Komunitas Lebah telah melaksanakan program Sehat Milik Semua (SMS) yang bertempat di Kp. Cihanjuang, Desa Ridogalih RT. 01 s/d 02, Kec. Cibarusah, Kab. Bekasi,Jawa Barat. Kegiatan dimulai pada pukul 08.30 hingga 13.00.

Pelayanan kesehatan & pengobatan yang dilakukan di lapangan desa Ridogalih mendapat perhatian yang besar dari warga. Secara bergantian dan tertib, warga desa datang untuk menerima pelayanan kesehatan. Tercatat 130 pasien dari target 200 pasien telah ditangani dengan baik. Tidak tercapainya target dikarenakan adanya kesulitan bagi pasien untuk datang ke lokasi pengobatan sebab tidak adanya anggota keluarga yang dapat mendampingi mereka dan juga karena saat ini adalah masa panen sehingga banyak warga yang memilih ke sawah.

Sebanyak 25 Beezers, 9 orang relawan dokter & 2 apoteker berpartisipasi di kegiatan ini.

Sudut Bocah
Seperti tahun-tahun sebelumnya, selain melakukan pelayanan pemeriksaan kesehatan umum, aktivitas untuk anak-anak pun tersedia dengan diadakannya Sudut Bocah.
Sudut bocah dilaksanakan di pekarangan rumah ketua RT 02 Kp. Cihanjuang Bpk. Kasim yang dimulai pukul 9.00. Sebanyak kurang lebih 30 anak dari usia PAUD hingga usia Sekolah Dasar ikut serta dalam kegiatan ini. Acara dimulai dengan sambutan dari ketua Komunitas Lebah, kemudian dongeng oleh kak Yanie, pendongeng yang baru pertama kali ikut kegiatan Lebah. Setelah itu anak-anak diajari keterampilan origami dan ditutup dengan pemainan-permainan sederhana. Kegiatan diselingi dengan pemberian hadiah bagi anak-anak yang bisa menjawab pertanyaan dari kak Yanie.

III. Penutup
Terima kasih tak terhingga kami ucapkan kepada semua pihak yang telah membantu mewujudkan terlaksananya kegiatan ini. Atas kepercayaan Sahabat Lebah sebagai donatur serta doa, dukungan, kerja sama dan koordinasi dari teman-teman Beezers, kami ucapkan banyak terima kasih. Tak lupa pula ucapan terima kasih dan penghargaan yang sangat besar bagi para relawan dokter yaitu dr. Lina Alil Isnawati, dr. Ita Rosita, dr. Wigati Rahmiarti, dr. Deski Rachnidar, dr. Manda Pisilia, dr. Desiy Afriani Fitri, dr, Nurhalimah Aruan, dr, Rima Pahlasari, dr. Poppy Saraswati dan apoteker Rina Purnamasari S.Si,Apt, Marissa Ika Putri S.Farm,Apt yang sudah bersedia meluangkan waktunya untuk membantu saudara-saudara kita di Kp. Cihanjuang desa Ridogalih, Cibarusah, Bekasi – Jawa Barat. Kami juga berterima kasih kepada Femina Group yang berkenan memberikan sejumlah buku untuk anak-anak dan warga di sana.

Semoga apa yang telah kami lakukan di sana memberi manfaat yang besar untuk warga desa dan menambah semangat kami untuk terus bergerak menyengat ke seluruh negeri. Insya Allah kita akan bertemu lagi di kegiatan Komunitas Lebah selanjutnya untuk selalu bersama berbagi peduli.

Untuk laporan keuangan, silakan klik di sini. Untuk dokumentasi, silakan ke galeri foto kami. Terima kasih.

Salam Lebah Bzzzzz…
Bersama Berbagi Peduli

Ketua Pelaksana,
Novia Santi