EdufastingLaporan & LiputanLPJ

LPJ Edufasting 2023

Assalamualaikum Wr Wb.

Dengan mengucapkan syukur ke hadirat Allah Subhanahu wa Ta’ala, kegiatan Edufasting tahun 2023 telah selesai. Edufasting tahun 2023 diperuntukkan bagi anak yatim, piatu dan dhuafa. Edufasting 2023 mengangkat tema “Mengenali Diri dan Mengembangkan Potensi” untuk teman-teman tingkat Sekolah Menengah Pertama dan Sekolah Menengah Atas dari Pondok Pesantren Yama Yayasan Mukhratul ‘Adalah Bogor, Jawa Barat, yang merupakan Lembaga Pendidikan khusus Tahfidzul Qur’an dan Bahasa Arab,, dimana peserta dalam usia yang sedang mengalami masa perkembangan dengan berbagai macam potensi diri dan bakat. Kami mengajak 81 remaja putra dan putri dari keluarga prasejahtera yang berasal dari berbagai kabupaten di Indonesia, untuk mengikuti rangkaian aktivitas selama 2 (dua) hari yang didasari dengan tema yang diangkat. Kami memberikan 6 (enam) sesi interaktif sebagai upaya mengenali diri, kecerdasan dan kepribadian agar  dapat mengembangkan potensi dan bakat untuk mengetahui tujuan hidupnya.

Dengan demikian, harapannya mereka dapat menjadi generasi penerus masa depan bangsa dan agama yang berkualitas, berkarakter, kreatif, dan memiliki semangat positif untuk memajukan dan mengembangkan diri sendiri dan lingkungan sekitarnya.

Kegiatan Edufasting 2023 dilakukan selama 2 (dua) hari dan dibagi menjadi 6 (enam) sesi interaktif yang dibawakan oleh Kak Untung Subroto Dharmawan, M.Psi., Psikolog dan 3 (tiga) orang tim yaitu kak Siti Bahiyah, S.Psi, M.Psi., Psikolog, kak Rizki Bina Nirbayaningtyas, M.Psi., Psikolog, kak Timothy Leonardo, S.Psi dan kak Ida Bagus Aditya Vyad Tirta. Kak Untung merupakan seorang Psikolog yang ahli dalam bidang asesmen individu, Public Speaker dan Trainer.

Pada hari pertama,  Kak Untung dan tim memberikan pre tes pengenalan diri, communication skill dan kepemimpinan. Peserta membuat gambar Mandala yang bertujuan untuk mengenali diri sendiri agar memahami diri tentang kelemahan dan kelebihan diri sendiri. Dalam sesi ini juga peserta dilatih untuk mengambil keputusan dan berkomunikasi dengan baik dan belajar kepemimpinan.

Di hari kedua, kak Untung dan tim memberikan materi tentang kecerdasan dan kepribadian manusia, yang diakhiri dengan point of view  Pada sesi ini, peserta diberikan test untuk mengenali kecerdasan dan kepribadiannya, sehingga diharapkan peserta dapat mengetahui tujuan hidupnya, cita-cita yang ingin dicapai, dan untuk mencapai tujuan itu peserta memahami hal-hal apa yg dapat mendukung pencapaian tujuan atau hal-hal yang dapat menghambat pencapaian tujuan termasuk lingkungan yang menghalangi dan cara mengatasinya. Untuk materi di point of view digambarkan dengan membuat jembatan, dengan tujuan agar peserta mengetahui dimana posisinya saat ini, apa yang harus ditinggalkan termasuk ketakutan, kecemasan dan diakhiri dengan apa yang ingin dicapai. Termasuk gambaran hal-hal yang dapat mendukung tercapainya tujuan dan hal-hal yg dapat menghalangi tercapainya tujuan. Pada sesi ini, diajarkan juga bahwa kita harus melibatkan Allah SWT dalam semua kejadian yang kita alami dalam hidup. Mengajarkan hormat kepada orangtua dan sesama sebagai salah satu jalan untuk mencapai kesuksesan.

Acara ditutup dengan pembagian bingkisan oleh Komunitas Lebah kepada seluruh peserta berupa peralatan sholat dan parcel lebaran serta pemberian bingkisan lebaran kepada guru dan staf pondok pesantren. Komunitas Lenbah juga menghibahkan 1 (satu) buah Layar Proyektor 96 Inch Tripod ukuran 244cm x 244cm dan sembako berupa beras, minyak goreng dan gula untuk pondok pesantren. Seluruh panitia dan peserta serta pihak pondok pesantren melakukan sesi foto bersama dan diakhiri dengan halal bi halal.

Laporan keuangan dapat dilihat di sini.

Dokumentasi lengkap kegiatan ini bisa dilihat di sini.

Atas suksesnya kegiatan ini, kami sangat berterima kasih kepada para narasumber yang telah memberikan ilmunya untuk para peserta Edufasting ke-13, sahabat Lebah atas donasi, dukungan dan kepercayaannya kepada kami, serta kepada Beezers yang senantiasa siap sedia mencurahkan tenaga, semangat, waktu dan pikiran untuk kelancaran kegiatan ini. Semoga apa yang telah kita lakukan dapat bermanfaat dan mendapatkan ridho dan rahmat dari Allah SWT. Akhir kata, kami mohon maaf sebesar-besarnya apabila terdapat kesalahan, baik yang disengaja ataupun tidak.

Demikian laporan ini kami sampaikan. Sampai jumpa di kegiatan Komunitas Lebah selanjutnya.

Wassalammualiakum, Wr.Wb

Salam Lebah, Bzzzzz…

Bersama Berbagi Peduli

Ttd

Dwi Astuti,

Ketua Pelaksana Edufasting ke-13 Tahun 2023