BMQLPJ

Laporan Pertanggungjawaban Bahagiakan Mereka dengan Qurbanmu

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Alhamdulillah kami sampaikan puji syukur ke hadirat Allah SWT, kegiatan Bahagiakan Mereka dengan Qurbanmu (BMQ) tahun 2023M/1444H telah dilaksanakan dengan sukses pada hari Sabtu, tanggal 1 Juli 2023. Kegiatan BMQ 2023 kami pusatkan di Dusun Ciawi, Desa Cisampih, Kecamatan Jatigede, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat.

Pada kegiatan BMQ tahun 2023 ini, hewan kurban yang didistribusikan adalah sejumlah 40 ekor domba/kambing dan 1 ekor sapi, dan dibagikan kepada 510 kepala keluarga yang tersebar di 2 Dusun, yaitu  Dusun Ciawi (380 KK) dan Dusun Telaga Datar (130 KK).

Berdasarkan survei yang kami lakukan, dusun Ciawi kami pilih sebagai lokasi BMQ tahun 2023  dengan mempertimbangkan kondisi sosial ekonomi masyarakatnya yang jauh dari sejahtera. Secara umum, warga dusun Ciawi dan sekitarnya termasuk dalam keluarga kurang mampu dengan  mata pencaharian utama warganya adalah bertani atau buruh tani. Kondisi tersebut mengakibatkan pelaksanaan kurban di tempat ini sangat jarang dilakukan. Menurut informasi yang kami terima dari pemuka masyarakat setempat, di dusun ini sudah puluhan tahun tidak dilaksanakan kurban.

Tanggal 30 Juni 2023, tim advanced sebanyak 6 orang berangkat lebih awal ke lokasi untuk berkoordinasi dengan panitia lokal, untuk memberikan arahan mengenai kegiatan di esok hari. Selain koordinasi, kami juga memantau persiapan lokasi pelaksanaan kegiatan, dan menyerahkan surat permohonan izin kegiatan ke pemerintahan setempat.

Tim inti BMQ Komunitas Lebah tahun 2023 yang terdiri dari 8 relawan berangkat dari Mabes Komunitas Lebah Pejaten pada hari Jum’at pukul 21:00 WIB dan tiba di lokasi pada hari Sabtu pukul 03:00 WIB, yang dilanjutkan dengan istirahat sampai pukul 04:30 WIB. Setelah sholat subuh dan sarapan, tim BMQ segera berangkat menuju lokasi kegiatan BMQ 2023 pada pukul 07:00 WIB. Pukul 07:30 WIB, tim BMQ Komunitas Lebah berkumpul dengan panitia lokal untuk melakukan briefing. Ketua pelaksana BMQ selanjutnya memberikan penjelasan tentang teknis pelaksanaan BMQ 2023. Setelah selesai pengarahan dan berdoa bersama, tim BMQ Komunitas Lebah bersama panitia lokal mulai melaksanakan pemotongan hewan kurban.

Alhamdulillah, pemotongan hewan kurban berjalan dengan lancar. Kerjasama dengan panitia lokal cukup baik. Pemotongan hewan kurban dipusatkan di dusun Ciawi untuk memudahkan pengambilan dokumentasi hewan kurban, sebagai laporan kami kepada pekurban. Hewan kurban kami bagi 20 ekor domba/kambing dan 1 ekor sapi untuk dusun Ciawi, dan 20 ekor domba/kambing untuk Dusun Telaga Datar. Tahap awal, hewan kurban untuk Dusun Ciawi dikerjakan terlebih dahulu. Setelah selesai, dilanjutkan untuk Dusun Telaga Datar. Namun khusus untuk Telaga Datar, hewan kurban hanya disembelih di Dusun Ciawi, setelah selesai, hewan kurban tersebut dibawa ke Telaga Datar untuk dikuliti dan dibagikan kepada warga Dusun Telaga Datar.

Pukul 11:00 WIB, pembagian daging kurban di Dusun Ciawi dimulai. Untuk menghindari penumpukan warga, tim BMQ 2023 membagi hewan kurbannya berdasarkan RT. Sehingga ketua RT yang bertanggung jawab untuk membagikan kepada warganya masing-masing. Alhamdulillah pembagian berjalan lancar, baik di Dusun Ciawi dan Dusun Telaga Datar. Berkat kerjasama yang baik yang terjalin antara tim BMQ Komunitas Lebah dan panitia lokal, kegiatan BMQ dapat berjalan dengan lancar dan berakhir pada pukul 13:00 WIB. Setelah membereskan semua perlengkapan di lokasi utama, tim BMQ pun berpamitan kepada panitia lokal dan warga setempat untuk kembali ke Jakarta pada pukul 14:00 WIB.

Kami tidak henti-hentinya mengucapkan syukur kepada Allah SWT atas segala kemudahan yang diberikan kepada kami, sehingga kegiatan Bahagiakan Mereka dengan Qurbanmu tahun 2023 di Dusun Ciawi, Desa Cisampih, Kecamatan Jatigede, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat dapat berjalan dengan lancar tanpa ada gangguan yang berarti.

Kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada para pekurban yang telah mempercayai Komunitas Lebah untuk menyalurkan hewan kurbannya. Semoga kurban tahun ini diterima Allah SWT, dicatat sebagai amal baik dan menjadi berkah bagi kita semua serta kepercayaan dan amanah yang diberikan ini bisa terus kami laksanakan bukan hanya pada tahun ini dan kegiatan BMQ, tapi tahun-tahun selanjutnya dan pada kegiatan Komunitas Lebah lainnya.

Ucapan terima kasih juga tidak lupa kami sampaikan kepada semua relawan, baik Beezers (sebutan dari relawan Komunitas Lebah) maupun warga lokal yang telah tulus ikhlas menyumbangkan tenaga, waktu dan pikirannya demi kelancaran BMQ ini.

Silakan klik tautan di bawah ini:
1. Laporan keuangan BMQ 2023 https://drive.google.com/file/d/132Ac9Y32pDq25ECxXtaITU707T6w-2Bh/view?usp=sharing
2. Data pekurban https://drive.google.com/file/d/1IjOHZ7tFBlUb3k_Y5N5qsTFNX3WP5bAk/view?usp=sharing

3. Dokumentasi kegiatan https://www.facebook.com/media/set/?vanity=komunitaslebah&set=a.705566658282290
4. Dokumentasi hewan para pekurban https://www.facebook.com/media/set/?vanity=komunitaslebah&set=a.705572481615041

Semoga niat kami dan para pekurban untuk membahagiakan para penerima daging kurban di daerah pelosok dapat terwujud dan apa yang kita lakukan ini mendapat ridho dari Allah SWT.

Aamiin Ya Rabbal Alamiin…

Akhirul kata, jazakumullah khairan katsiran.

Wassalamu’alaikum warrahmatullahi wabarrakatuh.

Khairil
Ketua Pelaksana BMQ 2023

Salam Lebah, Bzzzzz…
Bersama Berbagi Peduli

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *