BMQ

LPJ Bahagiakan Mereka dengan Qurbanmu 2016

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Alhamdulillah kami sampaikan puji syukur ke hadirat Allah SWT, kegiatan Bahagiakan Mereka dengan Qurbanmu (BMQ) tahun 2016 telah terlaksana dengan sukses pada hari Senin, tanggal 12 September 2016. Pelaksanaan kegiatan BMQ 2016 kami pusatkan di Dusun Lamaran, Desa Pringkasap, Kecamatan Pabuaran, Kabupaten Subang, Jawa Barat.

Pada kegiatan BMQ tahun ini, hewan qurban yang didistribusikan sejumlah 101 ekor kambing dan 3 ekor sapi, yang dibagikan kepada 1.170 kepala keluarga (KK) yang tersebar di Dusun Lamaran dan Dusun Munjul di kecamatan Pabuaran, Dusun Talangsari di kecamatan Sukamandi dan Desa Ciasem Girang di Kecamatan Sukamandi.

Berdasarkan survei yang kami lakukan, Dusun Lamaran dan Munjul kami pilih sebagai lokasi BMQ tahun 2016  atas pertimbangan kondisi sosial ekonomi masyarakatnya yang jauh dari sejahtera. Secara umum, warga di kedua dusun ini termasuk dalam keluarga kurang mampu dengan  mata pencaharian utama warganya yaitu bertani atau buruh tani. Kondisi tersebut mengakibatkan pelaksanaan qurban di tempat ini sangat jarang dilakukan. Menurut informasi yang kami terima dari pemuka masyarakat setempat, di kampung ini hanya bisa melakukan qurban dalam jumlah paling banyak 2-3 ekor kambing.

Kegiatan BMQ 2016 awalnya hanya menargetkan 2 dusun penerima, yaitu Dusun Lamaran  dengan jumlah penerima 620 kepala keluarga (KK) (Titik Pembagian 1) dan Dusun Munjul dengan jumlah penerima 250 KK (Titik Pembagian 2). Namun karena animo sahabat Lebah menjelang hari pelaksanaan meningkat yang menyebabkan jumlah hewan qurban yang terkumpul jauh melebihi target, maka panitia BMQ wajib mencari penerima daging qurban tambahan.

Hari Minggu, tanggal 11 September 2016 jam 07.00 WIB, tim kecil yang terdiri dari Taufik, Khairil, Wishnu dan Heru berangkat terlebih dahulu ke dusun Lamaran untuk berkoordinasi dengan panitia lokal untuk mempersiapkan pelaksanaan kegiatan BMQ sekaligus mencari penerima qurban tambaha. Bersama panitia lokal, tim kecil bergerak ke kampung sekitar untuk mendata jumlah penerima daging qurban tambahan. Alhamdulillah, kami mendapatkan penerima qurban tambahan yang berada di Dusun Talangsari, Desa Ciasem Girang, Kecamatan Ciasem Sukamandi sebanyak 300 KK yang tersebar di 5 rukun tetanga (Titik Pembagian 3).

Tim inti BMQ yang terdiri dari 29 relawan berangkat dari Jakarta pada hari Minggu malam, pukul 21:30 WIB dan tiba di lokasi pada hari Senin pukul 02:30 WIB. Tim melaksanakan shalat Idul Adha di lokasi dan setelah itu langsung melakukan briefing untuk pelaksanaan kegiatan. Ketua pelaksana BMQ selanjutnya memberikan penjelasan tentang teknis pelaksanaan kepada panitia lokal. Setelah selesai pengarahan dan doa bersama, tim BMQ Komunitas Lebah bersama panitia lokal mulai melaksanakan pemotongan hewan qurban. Tidak jauh dari lokasi pemotongan hewan qurban, kami mengajak anak-anak setempat untuk belajar dan bermain bersama di acara Sudut Bocah.

Alhamdulillah, pemotongan hewan qurban berjalan dengan lancar. Hewan qurban yang telah dipotong dibagi menjadi 3 bagian sesuai dengan jumlah titik pembagian, yaitu:
a.    Titik Pembagian 1, Dusun Lamaran. Hewan qurban sebanyak 35 ekor domba dan 2 ekor sapi yang akan dibagikan ke 5 RT di Dusun Lamaran dan  langsung dicacah di tempat,
b.    Titik Pembagian 2, Dusun Munjul. Hewan qurban sebanyak 20 ekor domba dan 1 ekor sapi yang disembelih di Dusun Munjul, dan
c.    Titik Pembagian 3, Dusun Talangsari. Hewan qurban sebanyak 46 ekor kambing yang langsung dibawa ke lokasi titik pembagian setelah disembelih.

Pukul 13:00 WIB, pembagian daging qurban di titik 1 pun dimulai. Agar menghindari penumpukan warga, tim BMQ 2016 membuat jalur khusus untuk masuk dan keluar. Pembagian daging di titik 1 ini selesai pada pukul 15:30 WIB. Setelah membereskan semua perlengkapan di lokasi utama, tim BMQ pun berpamitan kepada panitia lokal dan warga setempat untuk kembali ke Jakarta.

Kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada para pequrban yang telah mempercayakan Komunitas Lebah untuk menyalurkan hewan qurbannya. Semoga qurban tahun ini diterima Allah SWT, dicatat sebagai amal baik dan menjadi berkah bagi kita semua serta kepercayaan dan amanah yang diberikan ini bisa terus kami laksanakan bukan hanya pada tahun ini dan kegiatan BMQ, tapi tahun-tahun selanjutnya dan pada kegiatan Komunitas Lebah lainnya.

Ucapan terima kasih juga tidak lupa kami sampaikan kepada semua relawan, baik Beezers maupun warga lokal yang telah tulus ikhlas menyumbangkan tenaga, waktu dan pikirannya demi kelancaran BMQ ini.

Silahkan klik tautan di bawah ini untuk melihat:
1. Laporan Keuangan BMQ 2016, klik disini
2. Data pequrban, klik disini
3. Dokumentasi kegiatan, klik disini
4. Dokumentasi hewan para pequrban, klik disini

Semoga niat kami dan para pequrban untuk membahagiakan para penerima daging qurban di daerah pelosok dapat terwujud dan apa yang kita lakukan ini mendapat ridho Allah SWT.
Aamiin Ya Rabbal Alamiin…

Akhirul kata, jazakumullah khairan katsiran.
Wassalamu’alaikum warrahmatullahi wabarrakatuh.

Salam Lebah, Bzzzzz…
Bersama Berbagi Peduli

Wishnu Ikhsan
Ketua Pelaksana

 

=============================================================

 

 

Ucapan terima kasih dari penerima qurban

IMAG1589

 

Screenshot_20160925-153257

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *