CTBLaporan & Liputan

Laporan Pertanggungjawaban Cerdas Tanpa Batas 2014

LAPORAN PERTANGGUNGJAWABAN

A.  RANGKUMAN EKSEKUTIF

Dengan mengucap Alhamdulillah dan memanjatkan segala puji syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, komunitas Lebah telah melaksanakan kegiatan Cerdas Tanpa Batas yang ketiga di Dusun Kalangan II, desa Ngipak, kecamatan Karang Mojo, kabupaten Gunung Kidul, DI Yogyakarta pada 4 Januari 2014.

Kegiatan dibagi dalam beberapa rangkaian acara, yang dilaksanakan mulai pukul 8.30 hingga 22.00, diikuti sekitar 120 anak dan 20 ibu-ibu PKK. Selain kegiatan utama yaitu meresmikan Rumah Ilmu Lebah (RIL) Kenanga, komunitas Lebah juga mengadakan demo masak mengolah bonggol pisang menjadi keripik sesuai permintaan para ibu melalui Dapur Bunda dan untuk pertama kalinya mengadakan sesi pengayaan untuk guru-guru PAUD.

Kegiatan ini berhasil mengumpulkan dana sebesar Rp.36.450.235,- dari para sahabat Lebah dengan waktu pencarian dana selama 2 bulan yang dimulai sejak 1 November 2013 dan ditutup pada 2 Januari 2014. Untuk total biaya yang dihabiskan dalam kegiatan ini adalah Rp.36.932.270,- namun mengingat kami masih memiliki sisa dana dari CTB  2013 sebesar  Rp.4.472.975,- maka kendala keuangan ini dapat teratasi. Dengan demikian, sisa dana yang dapat digunakan sebagai saldo awal CTB 2015 adalah Rp.3.990.940,-.

Sebanyak 21 beezers, sebutan untuk sukarelawan Komunitas Lebah, dibantu oleh 3 orang pekerja seni dari Yogya terjun langsung dalam kegiatan ini. Kami tidak dapat menafikan bahwa kegiatan ini terlaksana atas segala dukungan, kerja sama, koordinasi dan doa dari seluruh pihak, mulai dari Eko sebagai kontak lokal kami di Yogya, ibu Yathi sebagai Kepala Dusun Kalangan II, para sahabat Lebah mulai dari individu hingga institusi yaitu Kick Andy, Starbucks Indonesia District 2 dan In House Media Kreasi, dan yang pasti, para Beezers.

Rincian kegiatan RIL Kenanga, laporan keuangan, kepanitiaan serta dokumentasi dapat dilihat pada halaman selanjutnya.

 

Ketua Pelaksana,

Yulia Baso

 

B. RUMAH ILMU LEBAH KENANGA

Selama kurun waktu 1,5 bulan, dimulai dari 1 November hingga 14 Desember 2013, Komunitas Lebah berhasil mengumpulkan sebanyak 851 buku dari target 500 buku dan beberapa majalah untuk Rumah Ilmu Lebah Kenanga.

Klasifikasi buku yang kami berikan adalah sebagai berikut:

  • Buku pra-sekolah
  • Buku pelajaran SD
  • Buku pelajaran SMP
  • Buku pelajaran SMA
  • Buku agama
  • Buku referensi (mis: kamus, ensiklopedia, biografi, atlas, jurnal, sejarah, dll)
  • Buku pengetahuan anak
  • Buku cerita anak (cat: tidak ada satu pun buku komik berseri)
  • Buku cerita dewasa
  • Buku keterampilan (mis: pertanian, peternakan, ekonomi kreatif, budidaya, komputer, dll)
  • Buku ibu, anak dan keluarga (mis: kesehatan, psikologi, perkembangan anak, resep, dll)
  • Buku umum (mis: motivasi, musik, perjalanan wisata, dll)
  • Buku berbahasa Inggris
  • Selain buku dan majalah, kami juga memberikan beragam fasilitas pendukung Rumah Ilmu yaitu:
  • Rak Buku
  • Al-Quran
  • Poster Pendidikan
  • Papan Tulis beserta penghapus dan alat tulisnya
  • Atlas Dinding
  • Kalender Dinding

Peresmian ini ditandai dengan pemasangan papan nama Rumah Ilmu Lebah Kenanga yang dilakukan oleh Fifi Moestarika sebagai Ketua Umum Komunitas Lebah dengan Bapak Sekar Hadi Prabowo sebagai Kepala Desa Ngipak yang disusul dengan serah terima daftar buku-buku RIL Kenanga dari Yulia Baso selaku Ketua Pelaksana CTB kepada ibu Yathi selaku Kepala Dusun Kalangan II.

 

C. KEGIATAN UNTUK ANAK-ANAK

Kegiatan untuk anak-anak dibagi dalam dua waktu, yaitu pagi untuk anak-anak usia 4-5 tahun, lalu siang menjelang sore untuk anak-anak dengan rentang usia 6-14 tahun.

Untuk anak usia 4-5 tahun, kami mengadakan beragam permainan baik permainan individu maupun kelompok juga kegiatan mewarnai. Selama 1,5 jam dimulai dari pukul 9.30 hingga 11.00, dipandu oleh 2 beezers, Riska Hasan dan Uti Adyananto serta dibantu oleh 3 beezers, kami bermain bersama sekitar 20 anak-anak di pelataran PAUD. Kegiatan ini diakhiri dengan pembagian tas berisi goodie bag, buku gambar, buku mewarnai dan krayon.

Pada siang hari, agenda kegiatan kami yaitu melukis di sepatu kanvas bersama 100 anak usia 6-14 tahun. Kegiatan diawali dengan satu tas berisi kaos lapangan, sepatu kanvas berwarna putih dan alat melukis berupa palet, mangkok air dan satu set kuas. Kegiatan ini dipandu oleh 2 beezers, Dien Yuniarti dan Ibnu Manaf yang membagi ke-100 anak tersebut  ke dalam 20 kelompok. Mengingat jumlah beezers yang kurang mencukupi, yaitu hanya 16 beezers sebagai kakak pendamping, maka ada beberapa beezers yang mendampingi 2 kelompok sekaligus.

Tujuan utama kegiatan ini yaitu merangsang kreativitas anak untuk berekspresi melalui seni lukis dengan media sepatu kanvas. Sebagai antisipasi pada anak-anak yang tidak memiliki ide untuk menggambar satu benda pun, maka kami sudah mempersiapkan beragam pola dari karton tebal yang bisa dipergunakan oleh anak-anak.

Kegiatan ini memakan waktu selama 3 jam, mulai dari memberi warna dasar pada sepatu, melukis di sepatu, mengeringkan sepatu, memberi lapisan akhir agar sepatu tahan lama dan mengeringkannya kembali sebelum bisa benar-benar dapat digunakan.

Sekitar pukul 16.30, kegiatan ini ditutup dengan pemberian tas berisi seragam, buku dan alat tulis, sepasang sepatu sekolah berwarna hitam sumbangan Kick Andy dan goody bag.

Rangkaian kegiatan selama satu hari ini ditutup dengan pembawaan dongeng yang diadakan pada malam hari oleh Kak Aio, beezers yang juga sebagai pendiri komunitas Ayo Mendongeng.

 

D. DAPUR BUNDA

Seperti CTB yang terdahulu, Dapur Bunda masih dipandu oleh Bhayu Radityo. Kegiatan yang bertujuan untuk memberikan tambahan pengetahuan bagi para ibu di dusun Kalangan II mengenalkan cara mengolah bonggol pisang menjadi keripik, sesuai dengan permintaan para ibu melalui Kepala Dusun beberapa waktu sebelum kami berkegiatan di sana. Mengingat tempat yang terbatas, maka kegiatan ini hanya diikuti oleh sekitar 20 ibu PKK.

 

E. SESI EDUKASI

Sesi ini merupakan kegiatan yang baru pertama kali diadakan oleh kami di CTB. Dalam format berbagi ilmu dan pengetahuan mengenai cara mengajar anak-anak PAUD serta parenting kepada 3 orang guru PAUD, sesi yang berjalan sekitar 1 jam ini dipandu oleh Fifi Moestarika dan Uti Adyananto.

Kegiatan diakhiri dengan serah terima sebuah ayunan berbentuk kursi yang bisa menampung sekitar 4 anak, beragam permainan edukatif dan perlengkapan menggambar (buku gambar dan krayon).

F. MALAM KEAKRABAN

Sebagai penutup rangkaian kegiatan dan seperti yang sudah dijelaskan pada paragraf terakhir di poin C, kami mengadakan kegiatan mendongeng untuk anak-anak yang dibawakan oleh Kak Aio.

Selain itu, pada malam ini juga diumumkan 13 anak yang hasil lukisannya paling ekspresif dan kreatif. Kami membagikan 10 buku cerita anak karya Pungky Prayitno untuk pemenang yang duduk di bangku SD dan 3 buku cerita remaja terjemahan untuk pemenang yang duduk di bangku SMP.

Malam keakraban ini ditutup dengan pertunjukan seni tradisional, Jatilan. Dusun Kalangan II sendiri cukup aktif berlatih Jatilan, namun mereka memililiki kendala yaitu ketiadaan seragam bagi para penarinya. Sesuai dengan misi edukasi dan juga untuk melestarikan kebudayaan, maka kami tergerak untuk memberikan satu set seragam bagi 12 penari Jatilan yang diserahterimakan oleh Fifi Moestarika kepada Bapak Sekar Hadi Prabowo.

 

G. LAPORAN KEUANGAN

Berdasarkan proposal, anggaran kegiatan ini membutuhkan biaya sebesar Rp.53.713.800,-. Penggalangan dana yang dimulai sejak 1 November 2013 hingga 2 Januari 2014 berhasil mengumpulkan dana sebesar Rp. 36.450.235,- dari berbagai donatur.  Cukup jauh dari biaya yang dianggarkan, namun kami tetap mensyukuri dana yang berhasil dikumpulkan.

Untuk pengeluaran kegiatan ini sendiri sebesar Rp. 36.932.270,-. Apabila dilihat sekilas, jumlah pengeluaran lebih besar dari pemasukan, namun berkat sisa dana dari CTB 2013 sebesar Rp.4.472.975,-, maka kendala kekurangan dana tersebut dapat segera diatasi.

Rincian arus keuangan dapat dilihat di tautan ini, http://bit.ly/1dsCiCS.

 

H. KEPANITIAAN

Ketua Umum                     : Fifi Moestarika

Ketua Pelaksana               : Yulia Baso

Sekretaris                            : Diena  Yuniarti

Bendahara                          : Mika Malika

Promosi  & Pendanaan  : Rossy D. Wiryanti

Dwi Astuti

Sandrina Sarwoko

Acara                                     : Ibnu Manaf

Bhayu Radityo

Riska Hasan

Transportasi                       : Nofni Daniza

Logistik                                 : Rian Tirto

Cahyono Budi

Nani

Dokumentasi                     : Ahmad Syukaery

Fakih Zakaria

Khairil

Relawan Pendamping    : Nur Rokhmah

Maria Renny

Santi Chaniago

Uti Adyananto

Hardy Wiratama

Nonie Enjella

Jofi

Arifa

 

I. DOKUMENTASI

 Selengkapnya dapat dilihat di http://bit.ly/1dAdda5 atau di tab Galeri Foto dalam album Cerdas Tanpa Batas 2014.

CTB2014-0958

CTB2014-0967

3 thoughts on “Laporan Pertanggungjawaban Cerdas Tanpa Batas 2014

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *