Laporan & Liputan

Perayaan Ulang Tahun Lebah ke-5

LAPORAN PERTANGGUNGJAWABAN

ACARA MELUKIS DI SEPATU KANVAS BERSAMA ADIK ADIK DHUAFA BIMTA SAHABAT CILINCING
19 Mei 2013

Alhamdulillah, setelah persiapan berbulan-bulan mulai dari memantapkan ide, mengembangkan ide, mencari material, mencari vendor sepatu kanvas sampai ke Bandung, akhirnya kegiatan melukis di Sepatu Kanvas bersama adik adik di BIMTA Cilincing telah terlaksana sesuai rencana, yaitu pada tanggal 19 Mei 2013.

Kegiatan ini diadakan dalam rangka milad ke-5, Komunitas Lebah yang jatuh pada tanggal 18 Mei. Sesuai tema kegiatan ini yaitu : “Galilah Kreativitasmu’, maka kami, Komunitas Lebah mengharapkan dengan adanya kegiatan ini, dapat memancing potensi kreativitas yang ada pada adik-adik BIMTA Sahabat yang berlokasi di Cilincing ini.

Pendanaan acara ini seperti biasa merupakan hasil donasi dari para Sahabat Lebah yang tak pernah bosan menyisihkan sebagian rizkinya untuk mereka yang kurang beruntung. Seratus (100) paket yang kami jual seharga @ Rp 125.000,- terjual habis dalam waktu hanya 1 hari saja. Bahkan setelah paket tersebut terjual habis, donasi masih terus berdatangan, baik dalam bentuk uang maupun barang. Subhanallah!

Kami, yang semula hanya merencanakan untuk memberikan 100 buah paket yang berupa 1 tas lebah berisikan 5 buah buku tulis, pensil, pulpen, kuas, palet dan cat acrylic, akhirnya pun bisa menambah donasi kepada BIMTA Cilincing sebagai berikut:

  • Kaus kaki – 100 pasang
  • Beras @ 2 liter untuk 265 orang (250 adik adik BIMTA & 15 pembina di BIMTA)
  • Goodie bag snack sejumlah 150 buah – sumbangan dari keluarga Sekiguchi San
  • 125 bento nasi kuning sumbangan dari Keluarga Mbak Mika Malika
  • 100 buah tshirt, 16 baju muslim anak, susu kotak, buku cerita, uang untuk 10 lukisan sepatu kanvas terbaik, sumbangan dari Ukhti (produsen pakaian muslim)
  • 11 buah paket tempat makan dan minum sumbangan dari sahabat lebah, Imam Gozali
  • Palet, cup, untuk melukis sumbangan dari Ibnu Manaf
  • 150 paket buku & alat tulis

Kami tiba sesuai waktu yang direncanakan yaitu jam 7.30 pagi di lokasi BIMTA (Bimbingan Belajar dan TPA gratis) pimpinan Ibu Rina Sucipto. Sebagian dari 100 anak-anak yang akan mengikuti acara ini telah hadir, begitu pun sebagian dari total 15 pembinanya. Para pembina notabene juga berasal dari kalangan yang kurang mampu, yang walaupun mereka sendiri dalam keadaan tidak berkecukupan, namun tidaklah menjadi halangan mereka untuk tetap dapat berbagi, membagikan apa yang mereka punyai, dalam hal ini ilmu kepada adik-adik di BIMTA.

Kegiatan dibuka dengan kegiatan origami(seni melipat kertas dari Jepang) dengan pengajar Yukikaze Sekiguchi San dan anak perempuannya, yaitu Kokone San (8 tahun) yang langsung mengajarkan adik adik beberapa model origami, dengan material yang juga asli dari Jepang. Tak hanya itu, kedua warga Jepang ini pun turut serta mengangkut barang, membereskan, dan membersihkan lokasi tempat kegiatan ini berlangsung.

Setelah kegiatan origamiselesai, maka kami memasuki acara utama yaitu melukis di sepatu kanvas yang diikuti oleh 100 orang dari total 250 anak asuhan BIMTA Sahabat , berlangsung dari pukul 09.00 – 11.00. Sebelumnya, kami membagi 100 anak tersebut ke dalam 20 kelompok dengan masing masing kelompok terdiri dari 5 orang dan didampingi oleh satu relawan dari Komunitas Lebah. Mementori adik-adik dengan rentang usia 4 – 16 tahun untuk melaksanakan kegiatan yang notabene merupakan pengalaman pertama mereka sungguh bukanlah hal mudah, mengingat para relawan pun juga tidak semuanya memiliki latar belakang melukis dengan jam terbang tinggi. Tapi semua itu kami jalani dengan senang hati, dengan semangat untuk berbagi kebahagiaan dan menggali kreativitas adik adik BIMTA di milad komunitas kami tercinta.

Sehubungan dengan terbatasnya tempat di BIMTA Cilincing ini, maka jumlah peserta pun dibatasi hanya 100 orang saja, namun 150 anak yang lain tetap mendapatkan paket buku tulis, beras @ 2 liter dan goodie bag snack.

Untuk menambah semangat adik adik BIMTA, kami memilih 10 lukisan sepatu kanvas terbaik, yang menurut saya, cukup layak jika dijual. Siapa nyana, di BIMTA ini ternyata banyak bakat-bakat terpendam dalam hal melukis.

Acara selesai pukul 12.00, ditutup dengan foto bersama relawan Komunitas Lebah dengan para pengurus BIMTA Sahabat Cilincing setelah pemberian tanda mata dari pihak BIMTA Sahabat kepada Komunitas Lebah.

Ucapan terima kasih yang tak terhingga kami ucapkan kepada Nungki, Deffi, Citra Kusuma, Mutiara Banuputri, Vera, Fara Maswarni, Kuntum Apriyani, Totok Srihardantoro, Tafta Dirga, Yelli, Mirza Hexaya, Rian Tirto Bonar, Shinta Devi, Susi, Eni, Yuli Pangaribuan, Nieken, Anggi Sukendar, Liane, Elvi Damanik, Mitasari Boediono, Patsari Jatining Dyah, Niken Kastubamani, Prabantari Witaningsih, Tjahjani Sri Meolatsih, Rifa & Almer (PT Inhouse Media Kreasi), Myrna Mawar Wulan, Adhitia Pramaditha, Ella Anwar, Bayun Yuliani, Mega Mayaputri, Indri Widiyanti, Nugroho M. Sampurno (Oo), Erwin – Garansindo, Novita Heny Purwanti, Wicaksono Widyarto, Shanti Handamari, Nurbaiti Boediono, beberapa hamba Allah yang tidak ingin disebutkan namanya dan terakhir Bank BRI Agroniaga (uang sejumlah Rp 3.000.000) selaku donatur kegiatan ini.

Juga kepada mereka yang telah membantu sehingga acara ini bisa berjalan dengan lancar , yaitu Para Pembina BIMTA Sahabat , Mbak Rina Sucipto selaku pimpinan BIMTA Sahabat, para mentor & beezers yaitu Nofni, Arifa, Jofi, Hanifah,Adel, Mutia, Mas Arman, Mbak Deffie, Mbak Mika, TehFifi, Fara, Arief,Renny,Dian,Ochie,Iqbal,Rian,Bhayu, Caca,Dhanny, Indry, Dwi, Ery & Inunk, juga mitra Lebah yaitu Mbak Ita & Keluarga dari Ukhti, serta teman-teman yang membantu kelancara pencarian material kami di Bandung yaitu Febi Siswa Drajat, Adhitia Pramaditha, Bapak Budi Sutjiono, .

Semoga Allah SWT selalu memberi kesehatan, umur panjang yang bermanfaat, dan limpahan rejeki bagi kalian semua, sehingga terus istiqomah untuk terus dapat bersama-sama menebarkan kebaikan ke seluruh penjuru negeri kita tercinta. Amin ya rabbal alamin.

Diena Yuniarti
Ketua Pelaksana

Dokumentasi harap klik di sini dan di sini
Laporan keuangan harap klik di sini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *