CTBLPJ

Laporan Pertanggungjawaban Cerdas Tanpa Batas 2013

RANGKUMAN EKSEKUTIF

Dengan mengucap Alhamdulillah dan memanjatkan segala puji syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, komunitas Lebah telah melaksanakan kegiatan Cerdas Tanpa Batas yang kedua di desa Citalahab Bedeng, Sukabumi – Jawa Barat pada 5 Januari 2013.

Kegiatan dibagi dalam beberapa rangkaian acara, yang dilaksanakan mulai pukul 7 pagi hingga 9 malam, diikuti hampir 100 anak dari 2 desa (Citalahab Bedeng dan Citalahab Sentral). Selain kegiatan utama yaitu meresmikan Rumah Ilmu Lebah Rimba Halimun, komunitas Lebah juga mengadakan demo masak sebagai tambahan pengetahuan para ibu dengan sumber pangan utama yaitu jahe beserta edukasi untuk pembudidayaanya melalui Dapur Bunda. Selain itu, kami juga turun ke desa Nirmala untuk memberikan donasi ke SD Nirmala berupa buku, alat peraga pendidikan, alat kesenian dan alat olahraga.

Kegiatan ini berhasil mengumpulkan dana sebesar Rp.41.176.712 dari para donatur dengan waktu pencarian dana sekitar 3,5 minggu yang dimulai sejak 20 November dan ditutup pada 14 Desember 2012. Total biaya yang dihabiskan untuk kegiatan ini adalah Rp.37.781.997 sehingga menyisakan dana sebesar Rp.3.394.715 yang akan digunakan sebagai saldo awal CTB 2014.

Persiapan dan pelaksanaan kegiatan ini dibantu oleh 25 relawan Komunitas Lebah serta didukung oleh tim dari Petualangan Om Boncu, ACT dan PKPU.

Rincian kegiatan Rumah Ilmu Lebah Rimba Halimun, laporan keuangan, kepanitiaan serta dokumentasi dapat dilihat pada keterangan di bawah ini.

Ketua Pelaksana,

Yulia Baso

RUMAH ILMU LEBAH RIMBA HALIMUN

Komunitas Lebah dengan didukung oleh segenap relawan dan donatur berhasil mengumpulkan sebanyak 1.042 buku dari target 500 buku, ratusan majalah dan ratusan buku resep untuk Rumah Ilmu Lebah Rimba Halimun.

Klasifikasi buku yang kami berikan adalah sebagai berikut:

  • Buku pra-sekolah
  • Buku pelajaran SD
  • Buku pelajaran SMP
  • Buku pelajaran SMA
  • Buku agama
  • Buku pengetahuan anak
  • Buku cerita anak
  • Buku cerita dewasa
  • Buku keterampilan
  • Buku ibu, anak dan keluarga
  • Buku referensi
  • Buku komputer

Selain buku dan majalah, kami juga memberikan beragam fasilitas pendukung Rumah Ilmu yaitu:

  • Al-Quran dan Iqra
  • Poster Pendidikan
  • Papan Tulis beserta penghapus dan alat tulisnya
  • Atlas Dinding
  • Alas Duduk
  • Kalender Dinding
  • Alat Musik: Gitar & Qasidah
  • Alat Olahraga: Voli dan Sepak Bola

Mengingat di desa Citalahab Bedeng juga ada Tempat Penitipan Anak (TPA), maka kami juga memberikan mereka beragam permainan edukatif, mainan serta boneka yang dapat digunakan oleh anak-anak Balita di sana selama orang tua mereka bekerja di perkebunan teh.

TPA ini dibangun secara swadaya atas inisiatif warga karena para orangtua yang bekerja sebagai pemetik pucuk teh tidak diperbolehkan membawa anaknya serta, sehingga dengan adanya TPA, mereka bisa menitipkan anak-anak mereka ke salah satu warga yang mengelola TPA secara gratis sementara para orangtua bisa bekerja tanpa perlu khawatir memikirkan nasib anak mereka jika ditinggal bekerja.

Peresmian ini ditandai dengan pemasangan papan nama Rumah Ilmu Lebah Rimba Halimun yang dilakukan oleh Fifi Moestarika sebagai Ketua Umum Komunitas Lebah, Yulia Baso selaku Ketua Pelaksana Cerdas Tanpa Batas dan Bapak Oji selaku Sesepuh Warga Desa Citalahab Bedeng. Setelah itu, dilanjutkan dengan peninjauan buku-buku di RIL Rimba Halimun dan ditutup dengan penyerahan daftar buku oleh Yulia Baso kepada Bapak Oji.

Selain meresmikan Rumah Ilmu Lebah Rimba Halimun di desa Citalahab Bedeng, kami juga pergi ke SD Nirmala yang berlokasi sekitar 3 kilometer dari desa Citalahab Bedeng untuk menyampaikan amanat dari donatur, Digimark, berupa sejumlah buku, alat peraga pendidikan, alat olahraga dan alat kesenian.

PERMAINAN DAN TEATER ANAK

Kegiatan untuk anak-anak dibagi dalam dua waktu, yaitu pagi dan malam. Untuk kegiatan pagi, kami membaginya menjadi dua kelompok besar, yaitu anak usia 5-6 tahun dan anak usia 7-14 tahun.

Untuk anak usia 5-6 tahun, kami mengadakan kegiatan mewarnai, menggambar dan bernyanyi selama hampir 2 jam yang mengambil tempat di RIL Rimba Halimun. Sementara untuk anak-anak usia 7-14 tahun, kami membagi mereka ke 6 kelompok dan memainkan beragam permainan kreatif di lapangan luas terdekat selama hampir 2 jam 30 menit.

Sebelum memulai kegiatan, baik anak usia 5-6 tahun maupun 7-14 tahun kami berikan masing-masing anak 1 (satu) buah kaos lapangan dan 1 (satu) bungkus kudapan pagi yang terdiri dari susu dan biskuit. Kegiatan pagi ini ditutup dengan pemberian tas berisi alat sekolah dan tempat makan untuk anak-anak usia 5-6 tahun sementara untuk anak-anak usia 7-14 tahun, mereka mendapatkan tas berisi alat sekolah dan seragam sekolah lengkap mulai dari dasi, topi, atasan dan bawahan.

Kegiatan pagi ini diakhiri pada pukul 11 siang. Setelah itu, anak-anak diberi waktu untuk istirahat hingga pukul 3 sore.

Dimulai dari pukul 3 hingga 5 sore, anak-anak usia 7-14 tahun berlatih seni peran dan mempersiapkan properti yang akan digunakan sebagai alat penunjang penampilan mereka. Kegiatan teater ini sendiri dimulai pada pukul 7 malam dan berlangsung hingga pukul 20.30. Keenam kelompok tersebut tampil membawakan cerita mereka masing-masing dan walau diguyur hujan, mereka mendapat sambutan meriah dari warga desa.

Rangkaian kegiatan selama satu hari ini ditutup dengan pembagian hadiah untuk kelompok pemenang permainan pagi, kelompok pemenang teater, pembagian goodie bag ke seluruh anak dan penyerahan secara simbolis Al-Quran beserta Iqra ke Bapak Oji.

DAPUR BUNDA

Kegiatan yang bertujuan untuk memberikan tambahan pengetahuan bagi para ibu di desa Citalahab Bedeng memiliki dua agenda, yaitu mengenalkan cara membuat minuman wedang jahe dan pembudidayaan jahe.

Dapur Bunda yang dipandu oleh Bhayu Radityo diikuti oleh ibu-ibu berjumlah hampir 20 orang.

LAPORAN KEUANGAN

Sesuai dengan proposal, anggaran kegiatan ini memakan biaya Rp.40.467.000,-. Penggalangan dana dimulai sejak 20 November hingga 14 Desember 2012 dan berhasil mengumpulkan dana sebesar Rp.41.176.712,- dari berbagai donatur.

Sementara pengeluaran untuk kegiatan ini berjumlah Rp.37.781.997,- sehingga dana yang tersisa berjumlah Rp.3.394.715,- dan akan digunakan untuk kegiatan Cerdas Tanpa Batas tahun 2014.

Rincian arus keuangan dapat dilihat di sini.
KEPANITIAAN
Ketua Umum : Fifi Moestarika
Ketua Pelaksana : Yulia Baso
Sekretaris : Dwi Astuti
Bendahara : Mika Malika
Promosi & Pendanaan : Rossy D. Wiryanti
Lili Amrina
Fakih Zakaria
Acara : Ibnu Manaf
Bhayu Radityo
Transportasi : Yusi Herawati
Ondo Sirait
Konsumsi : Nofni Daniza
Logistik : Rian Tirto
Nurwanto
Cahyono Budi
Edy Kurniawan
Dokumentasi : Nur Rokhmah
Ahmad Syukaery
Relawan Pendamping : Dian Soebaya
Atti Kurnia
Riska A. Hasan
Enni E. Damanik
Maria Renny
Sandrina Sarwoko
Indry Kartika
Dian Mayasari

DOKUMENTASI

Selengkapnya dapat dilihat di sini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *