BBQLaporan & LiputanLPJUncategorized

Laporan Pertanggungjawaban BBQ-16

Puji dan syukur patutlah kita panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa, karena kegiatan Bazar Barang Bekas berQualitas (BBQ) pada hari Minggu tanggal 7 Mei 2017 telah terlaksana dengan baik. Kegiatan BBQ ini merupakan salah satu bagian dari program Komunitas Lebah untuk menggalang dana operasional bagi kegiatan sosial kami, juga merupakan salah satu bentuk partisipasi Komunitas Lebah kepada masyarakat pra sejahtera untuk membeli barang-barang yang masih sangat layak pakai dengan harga amat terjangkau.

Dengan dukungan dan izin dari Ketua RW 04 dan 05 Kelurahan Cinere, DKM dan Remaja Masjid Masjid Jami’ Al Mukhlisin dan Kader TP PKK Kelurahan Cinere, kami bisa melakukan kegiatan BBQ di Halaman Masjid Jami’ Al Mukhlisin, Jl. Cendana Blok B 75 Cinere Depok. Lokasi ini telah disurvei dan sesuai dengan persyaratan lokasi pelaksanaan BBQ, yaitu terdapat halaman yang luas untuk kegiatan BBQ, ruangan-ruangan untuk Sudut Bocah dan berada di lokasi padat pemukiman.

Barang-barang yang dijual telah melalui proses sortasi, sehingga barang-barang yang dijual kepada warga adalah barang-barang bekas yang berkualitas, dengan harga yang beraneka ragam :

  1. Pakaian dewasa Rp. 10.000/3 potong
  2. Pakaian dewasa Rp. 5.000/potong
  3. Pakaian dewasa Rp. 10.000, Rp. 15.000 dan Rp. 25.000/potong
  4. Celana kain/jeans Rp. 10.000 dan Rp. 15.000/potong
  5. Baju anak dan perlengkapan bayi dengan harga mulai Rp. 10.000 / 3 potong hingga Rp. 15.000 per item.
  6. Alas kaki dan tas dengan harga mulai dari Rp. 5.000 hingga Rp 250.000 untuk travel bag ukuran besar.

Kegiatan BBQ dijadwalkan mulai pukul 9.00-13.00 WIB, sehingga kami sudah berada di lokasi pada pukul 7.30 untuk persiapan bazar. Penjualan dibuka lebih awal pada pukul 8.30 karena warga telah ramai mendatangi tenda BBQ.

Di tempat yang sama, diadakan kegiatan Sudut Bocah untuk anak-anak setempat yang dipandu oleh Kak Budi, Kak Diena, dan Kak Lea. Peserta Sudut Bocah terbilang banyak yang mencapai 70 anak, dikarenakan bertepatan dengan kegiatan Bimbingan Belajar Mingguan anak usia SD di masjid. Tema yang diangkat dalam Sudut Bocah kali ini adalah “Edukasi Seks Anak” yang disampaikan dalam bentuk Cerita Boneka. Tema ini disampakian dengan tujuan untuk memberikan pengetahuan dini tentang seks dan bagaimana cara anak melindungi diri, sehingga diharapkan anak-anak mampu melindungi diri dari kekerasan seksual pada anak yang cukup marak terjadi belakangan ini.

Selain Sudut Bocah, kami juga mengadakan “Sharing Knowledge” ke Guru Bimbingan Belajar yang juga merupakan anggota Remaja Masjid. Sharing Knowledge disampaikan oleh Teh Fifi dan Kak Marissa, dimana materinya adalah tentang cara dan tips mengajar kreatif dengan tujuan agar Guru Bimbingan Belajar dapat mengajar dengan cara yang kreatif dan tidak monoton sehingga lebih bermanfaat untuk murid-muridnya. Jumlah peserta yang hadir sekitar 25 orang. Kegiatan Sharing Knowledge dilaksanakan sesuai dengan masukan dari tokoh masyarakat tentang kebutuhan pengembangan tenaga pengajar Bimbingan Belajar.

Puji dan syukur kami haturkan kepada Tuhan, karena dari kegiatan penjualan dan donasi kami berhasil mendapatkan pemasukan sebesar Rp. 5.200.000. Sedangkan total pengeluaran meliputi transportasi, mobil boks, konsumsi, tenda dan kebersihan adalah sebesar Rp. 1.729.000. Total pemasukan bersih dari kegiatan ini adalah Rp. 3.408.000.

Seluruh kegiatan ini tidak akan dapat terlaksana dengan baik jika tidak mendapat dukungan berbagai pihak. Untuk itu, kami mengucapkan terima kasih kepada :

  1. Ketua RW 04, Ketua RW 05 dan Kader TP PKK Kelurahan Cinere Depok yang telah memberikan izin dan membantu mensosialisasikan acara ini kepada warga;
  2. DKM Masjid Jami’ Al Mukhlisin yang sudah mengizinkan kami mengadakan kegiatan di lokasi tersebut;
  3. Remaja Masjid Jami’ Al Mukhlisin yang sudah membantu mensosialisasikan kegiatan ini kepada warga dan mendukung kegiatan Sudut Bocah dan Sharing Knowledge;
  4. Para Sahabat Lebah yang telah menyumbangkan pakaian.

 

Kami ucapkan terima kasih kepada Beezers yang telah meluangkan waktu, tenaga dan juga semangatnya dalam mensukseskan kegiatan ini. Semoga Tuhan membalas dengan pahala yang berlipat ganda.

Salam Lebah, Bzzzzz…
Bersama Berbagi Peduli

Yuriko Sonambela
Ketua Pelaksana

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *