Laporan & LiputanLPJSMSUncategorized

LPJ Sehat Milik Semua 2017, Rumpin – Bogor

Pengantar

Program SMS (Sehat Milik Semua) adalah kegiatan tahunan Komunitas Lebah di bidang kesehatan berupa pemeriksaan kesehatan dan pengobatan gratis bagi warga kurang mampu/kaum marginal dan jauh dari pusat kesehatan masyarakat.

Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan kesempatan kepada masyarakat lapisan bawah untuk mendapatkan pelayanan kesehatan secara gratis, karena kami percaya bahwa sehat adalah hak semua orang tanpa mengenal gender, ras, suku dan agama.

Pemeriksaaan Kesehatan

Dengan mengucap syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, pada hari Sabtu tanggal 28 Oktober 2017, Komunitas Lebah telah melaksanakan program Sehat Milik Semua (SMS) yang bertempat di Desa Leuwi Batu, Kec. Rumpin, Kab. Bogor, Jawa Barat. Kegiatan dimulai pada pukul 08.30 WIB hingga penutupan pendaftaran 13.00 WIB, sedangkan pemeriksaan dan pemberian obat berlangsung hingga pukul 14.00 wib.

Pelayanan kesehatan & pengobatan yang dilakukan di lapangan desa Leuwi Batu, tepatnya di RT. 01 mendapat perhatian yang besar dari warga. Secara bergantian dan tertib, warga desa datang untuk memanfaatkan pelayanan kesehatan. Tercatat 272 pasien dari target 200 pasien telah dilayani dengan baik. Tercapainya target hingga melebihi jumlah yang ditargetkan di awal merupakan hasil kerjasama dengan pengurus RT untuk membagikan informasi kegiatan berupa flyer yang disebarkan seminggu sebelum acara dilaksanakan. Keluhan yang banyak ditemui pada warga adalah pusing, mual, pegal-pegal, batuk dan pilek. Sedangkan banyak sekali warga yang berjalan kaki sejauh 5 kilometer mencapai tempat lokasi.

Kegiatan SMS ini dapat terlaksana dengan baik berkat kerja sama yang baik antara  berbagai pihak. sahabat Lebah, relawan yang terlibat, diantaranya adalah 23  orang Beezers, 4 orang relawan dokter & 4 apoteker dan relawan lokal.

Sudut Bocah

Seperti tahun-tahun sebelumnya, selain melakukan pelayanan pemeriksaan kesehatan umum, aktivitas untuk anak-anak pun tersedia dengan diadakannya Sudut Bocah.

Sudut bocah dilaksanakan di masjid yang berada di RT. 01 Desa Leuwi Batu yang dimulai pukul 9.00. Sebanyak kurang lebih 30 anak dari usia PAUD hingga usia sekolah dasar ikut serta dalam kegiatan ini. Acara dimulai  dengan berbaris bersama, kemudian menyanyikan lagu Indonesia Raya, belajar menyanyikan yel-yel slogan Komunitas Lebah. Setelah itu anak-anak, bermain permainan Kelinci dan Serigala, dan mewarnai. Setelah selesai mewarnai, mendengarkan dongeng dari Kak Bhayu. Kegiatan diakhiri dengan pemberian hadiah bagi anak-anak yang paling baik hasil mewarnainya dan berani tampil.

Laporan keuangan selengkapnya dapat dilihat disini.

Dokumentasi kegiatan dapat dilihat disini.

Penutup

Kami mengucapkan banyak terima kasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung sehingga kegiatan SMS berjalan dengan baik. Terima kasih kepada sahabat Lebah selaku donatur atas kepercayaan dan dukungannya, serta seluruh relawan Beezers dan panitia lokal atas kerjasama yang baik selama persiapan sampai dengan pelaksanaan kegiatan SMS.

Tak lupa kami ucapkan terima kasih dan penghargaan kepada para relawan dokter (dr. Ita Rosita, dr. Wigati Rahmiarti, dr. Poppy Saraswati dan dr. Asni Kurniati Azroi), serta relawan apoteker (Fitria Handayani, S.Farm.,Apt, Yandi Aria Putra S.Farm.,Apt, Andriawan S.Si.,Apt serta Karina Irsyanti Rahmi, S.Farm.,Apt) yang sudah bersedia meluangkan waktunya untuk warga desa Leuwi Batu, Kec. Rumpin, Kab.Bogor, Jawa Barat

Semoga Kegiatan SMS yang telah kami lakukan dapat memberikan manfaat bagi warga desa dan menambah semangat kami untuk terus bergerak menyengat ke seluruh negeri. Insya Allah kita akan bertemu lagi di kegiatan Komunitas Lebah selanjutnya untuk selalu bersama berbagi peduli.

 

Terima kasih

 

Salam Lebah Bzzzzz…

Bersama Berbagi Peduli

 

                               

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *