SUN

Laporan Kegiatan Sekolah Untuk Negeri, Garut

Selamat pagi sahabat Lebah,
Alhamdulillah, rasa syukur kami sampaikan kepada Allah SWT atas segala karunia-Nya yang telah diberikan kepada kami, sehingga kegiatan Sekolah Untuk Negeri (SUN) tahun 2016 dapat terlaksana dengan baik.
Program SUN 2016 yang digagas oleh Komunitas Lebah sepakat untuk membangun Madrasah Ibtidaiyah (MI) Nurkolish di Dusun Cikiamis, Desa Sukalaksana, Kecamatan Talegong, Kabupaten Garut, Jawa Barat sebagai lokasi pertama program. Pembangunan ini dimulai pada akhir bulan Maret 2016 dan masih berjalan dengan lancar sampai saat ini. Program ini mendapat begitu banyak donasi dari berbagai kalangan, baik perusahaan maupun sahabat Lebah.

Kondisi sebelum dibangun
1

Gambar di atas menunjukkan kondisi sekolah saat kami tiba pertama kali untuk tujuan survei di bulan September 2015. Kondisi sekolah seadanya dan minim sarana pendukung, sehingga kami terpikir untuk melakukan renovasi agar kondisi sekolah lebih baik dan lebih manusiawi. Dengan demikian sekolah mampu memberikan semangat kepada seluruh komponen belajar-mengajar tanpa terkecuali. Melalui berbagai proses, akhirnya di bulan Maret 2016, Komunitas Lebah menginisiasi suatu program baru bernama Sekolah Untuk Negeri dan memutuskan MI. Nurkholis menjadi lokasi pertama.
2

Perkembangan pembangunan per Mei 2016
Setelah melalui diskusi cukup panjang dengan saling memberi masukan untuk mencapai kata sepakat, akhirnya dilakukan penandatanganan Nota Kesepahaman dengan pihak yayasan dan sekolah serta para saksi pada bulan Januari 2016. Pembangunan MI. Nurkholis efektif dimulai pada bulan Mei 2016.
Tim lapangan yang dibentuk untuk program ini selalu mengunjungi lokasi secara berkala untuk melihat perkembangan pembangunan. Di bulan Mei, pondasi dan ruangan langsung dibangun sesuai dengan gambar yang telah direncanakan oleh Komunitas Lebah. Pekerjaan pembangunan dilakukan secara pararel seperti pembuatan pondasi, pembuatan kolom besi, pembuatan kusen dan pemasangan batu bata secara sporadis. Tak disangka, pembangunan begitu cepat sehingga 3 ruang kelas dapat diselesaikan walau belum dilakukan pekerjaan plester dan aci.
3

Perkembangan pembangunan per Juni – Juli 2016
Pada periode bulan Juni-Juli, cukup banyak pekerjaan yang telah diselesaikan. Dimulai dari melanjutkan pembangunan ruangan hingga selesai, lalu memulai pembuatan teras kelas yang disesuaikan dengan kondisi di lapangan, pemasangan rangka atap, pemasangan genteng, melakukan semenisasi (plester tembok dan aci semen), pemasangan keramik pada sebagian lantai dan dinding, serta membuat meja kursi untuk kelas dengan menggunakan bahan lokal di sekitar Desa Sukalaksana. Bahan-bahan kusen juga menggunakan bahan setempat, sehingga mempercepat pembangunan.
4
Diperkirakan ada sekitar 15 pekerja dari desa setempat yang ikut bekerja membangun MI. Nurkholis ini. Sebagai info, kondisi jalan menuju MI. Nurkholis yang naik turun bukit dan jalan offroad (sepanjang + 5 kilometer) menjadi tantangan tersendiri bagi tim lapangan Lebah dan pemasok bahan bangunan untuk pembangunan sekolah ini. Kami memilih toko bahan bangunan yang berada di kecamatan Talegong, yang berjarak sekitar 10 km dari lokasi madrasah.

Perkembangan pembangunan per Agustus 2016
Alhamdullillah, bentuk sekolah mulai terlihat wujudnya secara nyata. Di bulan ini mulai dilakukan pengecatan seluruh bangunan yaitu dinding tembok, kusen, teras dengan warna yang disesuaikan dengan rencana gambar. Tak lupa juga diselesaikan pembangunan kamar mandi dan WC dengan memasang keramik di dinding dan lantai. Kamar mandi dan WC ini sendiri merupakan bangunan yang pertama kali dibangun dan diselesaikan pada bulan Mei. Kami bertujuan untuk memberikan kondisi toilet dan WC yang lebih baik bagi para siswa juga warga sekitar, selain untuk mengedukasi mereka untuk lebih menjaga sanitasi.
5
Setelah diselesaikannya pembanguan ruangan kelas, para siswa pun langsung menggunakan ruangan baru tersebut yang barang tentu kondisi lebih bersih dan nyaman. Namun, berhubung meja dan kursi baru masih dalam proses pembuatan, maka para siswa masih menggunakan meja dan kursi yang lama.

Perkembangan pembangunan per September 2016
Bulan penuh penyelesaian pembangunan gedung kelas dan pengerjaan gedung kantor guru. Dengan restu Tuhan Yang Maha Kuasa jugalah, maka Komunitas Lebah dapat menyempurnakan kedua bangunan tersebut.
Komunitas Lebah berusaha dengan penuh semangat dan semaksimal mungkin untuk terus menyempurnakan pembangunan MI. Nurkholis, sehingga pada saat acara peresmian dan serah terima sekolah pada tanggal 5 November 2016, kondisi sekolah dapat memenuhi target.
6

Peresmian & serah terima gedung baru
8
Peresmian gedung baru telah dilaksanakan pada tanggal 5 November 2016, bersama dengan penyerahan bantuan berupa sarana belajar mengajar, alat peraga dan beberapa bantuan lainnya.

Dokumentasi pelaksanaan pembangunan gedung sekolah selengkapny dapat dilihat disini.
Foto kegiatan peresmian selengkapnya dapat dilihat disini
Laporan keluangan kegiatan SUN dapat dilihat disini.

Semoga keinginan dan harapan kami untuk memberikan fasilitas pendidikan yang layak bagi anak Indonesia dapat tercapai, demi masa depan Indonesia yang lebih baik. Kiranya, semoga Tuhan Yang Maha Esa selalu memberikan kekuatan dan jalan terang bagi kita semua.

Demikian laporan perkembangan program SUN 2016 ini kami sampaikan.
Terima kasih.

Salam Lebah, Bzzzzz…..
Bersama Berbagi Peduli

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *