BBQUncategorized

LPJ BBQ 2019: Kampung Aquarium Penjaringan

Alhamdulillah, puji dan syukur patutlah kita sampaikan kepada Tuhan Yang Maha Esa, karena kegiatan Bazar Barang Bekas berQualitas (BBQ) pada hari Minggu tanggal 08 September 2019 telah terlaksana dengan baik. Kegiatan BBQ ini merupakan salah satu bagian dari program Komunitas Lebah untuk menggalang dana operasional bagi kegiatan sosial kami, juga merupakan salah satu bentuk partisipasi Komunitas Lebah kepada masyarakat yang memiliki keterbatasan ekonomi untuk  membeli barang-barang yang masih sangat layak pakai dengan harga amat terjangkau.

 

Gambar 1. Pelaksanaan BBQ

 

Dengan dukungan dan izin dari Bapak Topas Juanda selaku ketua RT setempat, kami bisa melakukan kegiatan BBQ di kampung Aquarium, Jl. Museum Bahari RT 012/RW 04 pasar ikan Penjaringan Jakarta Utara. Lokasi ini telah disurvei dan sesuai dengan persyaratan lokasi pelaksanaan BBQ, yaitu terdapat halaman yang luas untuk kegiatan BBQ, ruangan-ruangan untuk Sudut Bocah dan berada di lokasi padat pemukiman.

 

Gambar 2. Lokasi Pelaksanaan

 

Barang-barang yang dijual sudah kami sortir, sehingga barang-barang yang dijual kepada warga adalah barang-barang bekas yang masih berkualitas, dengan harga yang beraneka ragam :

  1. Pakaian dewasa Rp1.000,-/3 potong
  2. Pakaian dewasa dan anak Rp5.000,-/1 potong
  3. Pakaian dewasa Rp10.000,- hingga Rp20.000,-/potong
  4. Celana kain/jeans Rp1.000,- hingga Rp25.000,-/potong
  5. Alas kaki dengan harga mulai dari Rp2.500,- hingga Rp20.000,-
  6. Baju anak dan perlengkapan bayi dengan harga mulai dari Rp5.000,- hingga Rp30.000,-

Mengingat kegiatan ini dijadwalkan pada pukul 08.30-12.30 WIB, maka kami pun sudah mulai berada di lokasi pada pukul 7.00 untuk persiapan bazar. Penjualan dibuka lebih awal pada pukul 08.00 karena warga telah ramai mendatangi tenda BBQ.

 

Gambar 3. Suasana BBQ

 

Gambar 4. Susana BBQ

 

Selain itu, di tempat yang sama, diadakan pula kegiatan Sudut Bocah untuk anak-anak setempat yang dipandu oleh Kak Diena dan Kak Rieska. Sekitar 23 anak-anak diajak untuk melakukan kegiatan seerti bernyanyi bersama, membuat origami/seni melipat kertas, memperkenalkan komunjtas Lebah dan berfoto bersama.mendengarkan. Ditambah lagi, mereka pulang membawa roti dan susu kemasan.

 

Gambar 5. Permainan Sudut Bocah

 

Gambar 6. Adik-adik Sudut Bocah

 

Alhamdulillah dari kegiatan BBQ kali ini, kami bisa memperoleh pemasukan sebesar Rp4.070.000.- Namun, dengan pengeluaran sebesar Rp1.455.000,- untuk operasional pelaksanaan kegiatan ini, maka pemasukan bersih yang kami terima sebesar Rp2.615,.00.-. Laporan keuangan selengkapnya dapat dilihat  DISINI.

Dokumentasi seluruh kegiatan BBQ 2019 dapat dilihat DISINI .

 

Seluruh kegiatan ini tidak akan dapat terlaksana dengan baik jika tidak mendapat dukungan berbagai pihak. Untuk itu, kami mengucapkan terima kasih kepada :

  1. Bapak Topas Juanda, ketua RT kampong Aquarium yang telah memberikan izin dan membantu mensosialisasikan acara ini kepada warga;
  2. Ibu Yani yang sudah membantu kami menyiapkan segala keperluan di lokasi dalam mengadakan kegiatan BBQ;
  3. Sahabat Lebah yang telah menyumbangkan pakaian dan donasi dalam bentuk lainnya.

Khususnya, kami ucapkan terima kasih kepada Beezers yang telah meluangkan waktu, tenaga dan juga semangatnya dalam mensukseskan kegiatan ini. Semoga Tuhan membalas dengan pahala yang berlipat ganda.

 

Gambar 7. Beezers

 

 

Salam Lebah, Bzzzzz…

Bersama Berbagi Peduli

 

Tri Harini

Ketua Pelaksana

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *