Laporan & LiputanLPJUncategorized

LPJ BMQ 2019

Assalamu’alaikum Wr. Wb,

Puji syukur kami ucapkan kepada Allah SWT atas terlaksananya kegiatan “Bahagiakan Mereka dengan Qurbanmu (BMQ)” tahun 2019 dengan lancar pada hari Sabtu, 11 Agustus 2019. Kegiatan BMQ tahun ini berlokasi di kampung Cisengkol, desa Kertamanah, kecamatan Sukasari, Purwakarta.

Kampung  Cisengkol dan kampung Talaga merupakan sasaran utama kami karena melihat kondisi ekonomi masyarakat di desa tersebut dan juga dengan pertimbangan bahwa di kampung Cisengkol dan Talaga jarang menerima daging kurban. Kampung Cisengkol sendiri memiliki 320 KK dan kampung Talaga memiliki 130 KK. Pekerjaan mayoritas penduduk kampung Cisengkol dan Talaga adalah bertani dan kuli angkut bambu.

Setelah tim Komunitas Lebah melakukan survei di lokasi tersebut, kami mendapatkan info bahwa masih ada beberapa kampung lagi yang memiliki kondisi serupa dengan kampung Cisengkol. Terdapat sebuah kampung yang terletak sekitar 10km dari kampung Cisengkol, yaitu kampung Parung Banteng yang memiliki penduduk sebanyak 400 KK. Untuk menuju ke kampung tersebut memakan waktu sekitar satu setengah sampai dua jam perjalanan untuk sekali jalan dengan mobil karena kondisi jalan yang masih bebatuan. Oleh karena itu, target penerima hewan kurban tahun ini kami tingkatkan menjadi tiga Kampung. Karena kampung Cisengkol merupakan kampung utama, maka kami niatkan jika hewan kurban berlebih, kami akan alokasikan ke kampung Parung Banteng dan kampung-kampung lainnya.

Kami sangat bersyukur karena dapat menyalurkan seluruh amanah para sahabat Lebah, yaitu donatur kami yang setia. Alhamdulillah pada kegiatan kurban tahun ini kami mendapatkan  hewan kurban dengan jumlah yang cukup banyak, yaitu sebanyak 84 ekor kambing dan 4 ekor sapi.

Alhamdulillah pula, dari target awal sekitar 950 KK penerima daging kurban,  atas izin Allah SWT kami dapat menyalurkan daging kurban kepada 1.651 KK di kampung-kampung yang tersebar di lima desa seluruh kecamatan Sukasari, yaitu Desa Kutamanah, Desa Kertamanah, Desa Ciririp, Desa Sukasari, dan Desa Parung Banteng.

Pelaksanaan kegiatan

Pada tanggal 10 Agustus 2019 sekitar pukul 7 pagi, tim advance yang terdiri dari Jofi, Rian, Taufik, Agus, dan Khairil berangkat ke lokasi pelaksanaan kurban, yaitu kampung Cisengkol.  Sekitar pukul 11.00, tim tiba di lokasi. Setelah sholat dzuhur, tim advance mengadakan pertemuan dengan perwakilan masyarakat yang mewakili seluruh desa. Sekitar pukul 16.00, tim advance melakukan pengecekan hewan kurban dan persiapan tempat pelaksanaan kegiatan.

Pada malam harinya, tim BMQ berangkat dari Mabes pada pukul 22.00 WIB.  Keesokan harinya, sekitar pukul 02.00 dini hari, tim BMQ yang terdiri dari 27 orang tiba di lokasi. Anggota tim BMQ langsung beristirahat sejenak lalu di pagi harinya setelah melaksanakan sholat Eid, tepatnya pada pukul 08.30 pagi, kegiatan pun dilaksanakan.

Pada kegiatan tahun ini, seluruh penyembelihan  hewan kurban, yaitu sebanyak 84 kambing dan 4 sapi, dilaksanakan di kampung Cisengkol, selanjutnya kami melakukan dokumentasi bertahap. Untuk pengulitan dan pencacahan daging, beberapa hewan disebar di kampung-kampung penerima kurban. Hal ini dilakukan untuk mempercepat kegiatan di kampung Cisengkol, mulai dari penyembelihan hingga pembagian ke warga. Selama kegiatan berlangsung, Komunitas Lebah mengadakan acara “Sudut Bocah” yang dilaksanakan di masjid kampung Cisengkol dengan jumlah peserta sebanyak 90 anak. Para warga di kampung Cisengkol dan Talaga sebelumnya sudah menerima kupon kurban sehingga proses pembagian berlangsung tertib. Kegiatan di kampung Cisengkol selesai pukul 14.30.

Kami sangat berterima kasih kepada seluruh sahabat Lebah yang mempercayakan Komunitas Lebah dalam menyalurkan amanah donasi kurban kepada masyarakat di Kecamatan Sukasari, Purwakarta. Selain itu, kami selaku panitia kegiatan BMQ 2019 juga berterima kasih atas partisipasi warga lokal yang sangat antusias dalam membantu pelaksanaan acara kurban tahun 2019 ini hingga dapat berjalan dengan lancar.

Laporan dan dokumentasi berupa foto-foto kegiatan silakan klik:

  • Kegiatan BMQ 2019 dapat dilihat di sini
  • List Data Pekurban dapat dilihat di sini
  • Foto hewan qurban beserta nama donatur dapat dilihat di sini
  • Laporan keuangan kegiatan BMQ 2019 dapat dilihat di sini

Semoga niat kami dan para pekurban untuk berbagi kebahagiaan kepada masyarakat penerima daging kurban di desa-desa terpencil mendapat ridho dan balasan pahala berlipat ganda dari Allah SWT. Aamiin ya rabbal alamin.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

 

Jofi Baskoro
Ketua Pelaksana Kegiatan BMQ 2019

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *